Senin, 10 November 2008

Kuliah Semester I ITS Jurusan Teknik Informatika

Di-compile oleh informatics-dynamics

post pertamaku mengenai IT neh,
pertamax!!! haha.

gw coba mendata mata kuliah gw selama ini, mulai dari jumlah sks, dosen, dan tingkat kesulitan menurut pendapat gw.

Semester I :

*Sistem Digital (3 sks)
Dosen : Pak Yudhi Purwananto, S.Kom. M.Kom.
gw bilang enak sih diajar sama pak yudhi, santai, tidak terlalu serius tapi tetap tegas. beliau juga kajur kita, dan dosen wali gw, jadi tentram gitu kalau ada masalah2 akademis, tinggal konsultasi ke pak yudhi.

yang dipelajari cenderung ke hardware dari komputer, tapi lebih dalemnya lagi, seperti rangkaian ic, gerbang2 digital (nand, and, nor, or, xand, xnand, xor, xor). tingkat kesulitan sih ga sulit2 amat, hanya perlu paham aja dan lancar baca inggris (soalnya buku pedomannya itu pake bahasa inggris gitu).
praktikum sisdig (1 sks):
1 kelompok ada 3 anak. tapi waktu praktikum gw sih bilangnya susah, bukan susah waktu praktikumnya, tapi pas persiapan praktikum, belum lagi masalah pemilihan board waktu praktikum (kita pake board buat simulasinya), jika salah pilih board, habislah sudah (ada board yang rusak soalnya, haha). gw bilang sih mata kuliah ini lebih condong ke jurusan elektro, karena hanya membahas mengenai rangkaian2 elektronik aja.

lab-sisdig : lab AJK (Arsitektur dan Jaringan Komputer) - di TC baru

*Pemrograman Terstruktur(3 sks)
Dosen: pak Rully Sulaiman, S.Kom. M.Kom.
horror.. duh ga berani komentar mengenai pak rully, deh. pokoknya setiap tugas yang dikasih oleh beliau tidak ada yang gampang. kita harus konsisten, wahahah.

ini nih mata kuliah indormatika yang sebenarnya. mempelajari bahasa pemrograman, di kampus gw pake bahasa C harusnya, tapi karena gw dapet dosen pak Rully, malah sudah dicekoki sama bahasa Java, yang jika dilihat strukturnya, lebih kompleks dari bahasa C sih, tapi gw bilangnya susah buat orang awam (gw g pernah belajar pemrograman sebelumnya, jadi harus kerja keras). paling susah dari mata kuliah yang lain, tapi tergantung orang juga sih, kalau rajin2 latihan coding pasti bisa kok.
praktikum pt (1 sks):
beh, gw ga pernah bisa ngerjakan soal shift praktikumnya sendirian sampai saat ini, susah soalnya. oh ya, 1 kelompok ada 2 orang, setiap shift akan dirandom lagi, jadi nanti akan dapet partner yang beda2.

lab pt : LP (Lab Pemrograman) - di TC lama

*Pengantar Teknologi Informasi / PTI (3 SKS)
Dosen: bu Umi Laili Yuhana, S.Kom. M.Sc.
bu yuhana baru pulang dari studinya di korsel, balik langung disuruh ngajar para maba2 informatika di mata kuliah PTI.

santai sih, kalau waktunya kuliah PTI. tinggal duduk, dengerin presentasi teman2, pahami, terus keluar. seperti namanya, yang dipelajari ya mengenai pengetahuan2 umum mengenai IT, kita diharuskan untuk paham terlebih dahulu mengenai yang satu ini. masa anak IT ga ngerti kalau ditanya macem2 mengenai sesuatu yang berhubungan dgn teknologi informasi,. untuk PTI ga ada praktikum.

0 komentar: