Kamis, 20 November 2008

Worm, Virus, Trojan

Di-compile oleh informatics-dynamics

Pengin share pengetahuan aja dari yang didapat selama kuliah PTI, hanya pengetahuan dasar mengenai perbedaan antara tiga program merugikan, Worm, Virus, dan Trojan. kita sama-sama belajar aja ya, kalau dirasa ada yang kurang, atau ingin memberi suatu pesan, bisa beri tahu saya kok.

antara Virus dan Worm, hampir sama, tapi bedanya bisa dilihat dari cara penyebarannya masing2. kalo Virus dengan cara melampirkan file dirinya sendiri ke dalam file yang terinfeksi, virus melalui perantara, sedangkan worm menggandakan dirinya sendiri ke dalam space media simpan (bisa hard disk atau flash disk, atau lainnya), sehingga akan memakan kapasitas simpan media itu, langsung copy paste worm sendiri.
cara untuk mengaktifkan worm dan virus berbeda-beda, tapi yang paling umum itu dengan membuka file yang terinfeksi virus atau file worm. cara pencegahannya, selain dengan menggunakan antivirus yang terupdate, sebenarnya gampang2 aja, tapi memang harus dibiasakan, yaitu dengan selalu membuka setiap folder menggunakan explorer window, tanpa mengklik ganda folder yang dirasa mencurigakan.

nah kalau masalah trojan, biasanya dimanfaatkan oleh para programmer untuk mengimplementasikan skillnya kepada dunia luar, dengan cara berpikir hal yang baru dan unik didalam Trojan dengan fungsi yang masih belum pernah digunakan sebelumnya. biasanya, tujuan umum dibuatnya trojan itu untuk mengambil alih kendali komputer yang terinfeksi, hingga bisa menguasai semua informasi penting yang ada di dalam komputer itu, selama kita terhubung dengan suatu jaringan.
pencegahan agar komputer kita tidak kemasukan trojan, yaitu hati2 aja waktu browsing. program2 yang didownload dari internet, khususnya program gratisan (freeware, shareware/freeware yang dibatasi) biasanya disisipi file trojan oleh pemiliknya, jadi hati2 aja. saran aja ya, selalu mendownlad file dari site resmi (official site), atau site yang bisa dipercaya, dan jangan asal klik ke link2 yang tidak jelas asalnya, bisa jadi itu merupakan situs yg menuju ke lokasi download trojan.

0 komentar: